Sabtu, 28 November 2015

Mengubah MySQL ke MySQLi Jelang PHP7

PHP 7 sudah dirilis (saat tulisan ini dibuat masih versi RC). Salah satu perbedaan dengan versi PHP 5 adalah ada beberapa fungsi usang yang dihilangkan, termasuk fungsi mysql_*. Programmer yang selama ini menggunakan fungsi-fungsi mysql_*, harus menggantinya dengan fungsi MySQLi, baik yang dengan cara prosedural atau yang menggunakan OOP kalau ingin beralih menggunakan PHP 7.

Tetapi banyak programmer enggan mengganti beralih ke MySQLi karena untuk mengubah source code bukan perkara mudah.

Berikut ini ada cara yang mudah mengubah fungsi mysql_* pada source code menjadi fungsi-fungsi mysqli_* menggunakan script yang tersedia dengan gratis.

1. Download https://github.com/philip/MySQLConverterTool dan letakkan pada web server. Kemudian  buka aplikasi ini di browser

2. Jika instalasi berhasil, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:


Mengubah MySQL ke MySQLI PHP 7


3. Sekarang kita mau coba mengkonversi source code yang masih menggunakan fungsi mysql_*, maka caranya adalah sebagai berikut:


Persiapan untuk PHP 7

4. Klik tombol Start the conversion, maka fungsi-fungsi mysql_* pada source code kita akan berubah menjadi fungsi-fungsi mysqli_*.

5. Selesai

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


3 komentar:

  1. sangat bermanfaat gan, terimakasih

    BalasHapus
  2. ini hanya merubah mysl ke mysqli doang, padahal untuk migrasi ke php 7 bukan hanya soal itu doang, jd tetep masih ada yg error

    BalasHapus